|

UPTD BIH Gedung Johor Jawara 'Joget Balon'

Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba dan pertandingan dalam Gebyar Kemerdekaan RI di halaman kantor dinas tersebut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Jumat (16/08/2024). Foto Ist
Medan - Tim putri Unit Pelaksana Teknis Daerah Benih Induk Hortikultura (UPTD BIH) Gedung Johor yang dipimpin Muddin Dalimunthe, menjadi jawara 'Joget Balon' dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI di lingkungan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, Jalan AH Nasution No 6 Medan, Jumat (16/08/2024) pagi.

Berdasarkan pengamatan, perlombaan yang diikuti perwakilan seluruh Bidang dan UPTD di jajaran Dinas Ketapang TPH Sumut tersebut berlangsung semarak. Namun, kebersamaan dan kerja sama harmonis yang diperagakan perwakilan dari UPTD BIH Gedung Johor itu, mampu bertahan hingga waktu perlombaan berakhir. Sementara tim dari UPTD Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (SBTPH) dan Bidang Penyuluhan, harus puas berada di posisi kedua dan ketiga.

Keseruan juga terjadi dalam perlombaan Pindah Sarung kategori putri. Persaingan sengit menjadi peserta tercepat memindahkan kain sarung tersebut dimenangkan lima orang perwakilan dari Bidang Sarana Prasarana, sekaligus menaklukkan dua pesaingnya, yakni tim UPTD SBPTPH dan UPTD BIH Gedung Johor. Sementara, untuk pertandingan sepakbola mengenakan kain sarung, tim putra dari UPTD Palawija Tanjung Selamat, sukses menyabet juara pertama setelah menyisihkan perwakilan UPTD Benih Induk Padi Tanjungmorawa dan Bidang Penyuluhan.

Sejumlah pejabat eselon 3 lingkup Dinas Ketapang TPH Sumut saat bersiap-siap mengikuti pertandingan menggiring bola plastik menggunakan terong yang terlilit tali di pinggang para peserta, di halaman kantor Dinas Ketapang TPH Sumut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Jumat (16/08/2024). Foto Ist
Puncak keseruan perlombaan terjadi saat para pejabat eselon 3 lingkup Dinas Ketapang TPH Sumut, bertarung di lapangan untuk menggiring bola plastik dengan menggunakan terong ungu yang terlilit tali di pinggang masing-masing peserta, hingga ke garis finish. Masing-masing suporter saling menyemangati jagoannya untuk tidak menyerah, karena bola menggelinding tidak beraturan akibat 'ditendang' terong. Kegigihan serta kesabaran yang diperlihatkan Kepala UPTD Benih Induk Padi Tanjungmorawa, Jonni Akim Purba, membuatnya menjadi juara pertama. Di urutan kedua, tampil Plh Sekretaris Dinas Ketapang TPH Sumut yang juga Kepala Bidang Tanaman Pangan, HM Juwaini, serta posisi ketiga dirah Kepala Bidang Penyuluhan, H Sutarman.

"Ini bukan sekadar permainan, tapi lebih untuk mengasah kebersamaan dalam menggapai satu tujuan,” ungkap Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, di sela kegiatan.

Dikemukakannya, beragam perlombaan itu juga tidak sekadar untuk bersenang-senang, melainkan memacu semangat juang, seperti yang dilakukan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. 

"Ini namanya persaingan tanpa bermusuhan karena semuanya bergembira menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia," ujarnya.

Sejumlah peserta lomba 'Joget Balon' terlihat berkonsentrasi menjaga keseimbangan agar balon tidak terjatuh. Foto Ist
Secara terpisah, Kasubbag Umum Dinas Ketapang TPH Sumut, Syarifuddin Siregar, menjelaskan, perlombaan dan pertandingan yang dilaksanakan menyiratkan semangat berjuang dan memupuk kebersamaan melalui kerja sama tim.

"Memupuk kebersamaan melalui kerja sama tim menjadi esensi dari perlombaan dan pertandingan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Syarifuddin juga menjelaskan, satu regu juga disiapkan untuk mengikuti kegiatan renungan suci yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan pada Jumat malam. Dipimpin Darmansyah Lubis, lanjutnya, satu regu tersebut akan berbaur bersama rombongan dari Organisasi Peragkat Daerah lainnya untuk menghabiskan malam pergantian hari.

"Satu regu dari Dinas Ketapang TPH Sumatera Utara itu juga akan mengikuti gerak jalan usai Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus besok," sebutnya. Fey


Komentar

Berita Terkini