|

Bandara Abdul Haris Nasution Madina Siap Beroperasi

Pj Gubsu, Agus Fatoni didampingi Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Mutia Azmi Utammi Nasution,meninjau sarana dan prasarana Bandara AH Nasution di Kecamatan Bukit Malintang, Kamis (29/08/2024) malam. Foto Ist 
Mandailing Natal - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Agus Fatoni segera berkoordinasi ke Pemerintah Pusat untuk mendorong operasional Bandar Udara (Bandara) Abdul Haris (AH) Nasution, seluas 172 hektar di Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina). 

“Secara umum, Bandara ini sudah siap beroperasi, semuanya lengkap, yang belum ada, pesawatnya,” paparnya saat meninjau kesiapan Bandara AH Nasution, Kamis 29/08/2024) malam.

Pj Gubsu Agus Fatoni menyatakan segera berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan izin operasional bandara tersebut. Selain itu, lanjutnya, sejumlah maskapai penerbangan juga akan dihubungi untuk membuka rute dari, dan, ke Bandara AH Nasution. Hal ini mengingat, jarak tempuh dari Kabupaten Madina ke Kota Medan mencapai 12 jam perjalanan darat.

“Bila bandara ini beroperasi, akan sangat membantu, lebih efektif, efisien, kemudian mobilitas lebih tinggi lagi, ekonomi juga bisa berkembang. Ada beberapa daerah yang sangat diuntungkan dengan adanya bandara ini,” sebutnya.

Sementara, Wakil Bupati Madina, Atika Mutia Azmi Utammi Nasution, mengaku sangat berharap Bandara AH Nasution segera diresmikan. 

“Yang terpenting, operasional sebagai Bandara perintis. Jadi sekarang ini kalau ke Jakarta kita dari Silangit atau Padang. Kalau ke Medan, kita dari Pinangsori (Bandara FL Tobing). Untuk usulan (peningkatan kapasitas Bandara) berikutnya, melihat demand-nya (permintaan),” pungkasnya. Van


Komentar

Berita Terkini