|

'Anak Meteorologi’ Juara Catur Gebyar Kemerdekaan

Pertarungan final turnamen catur Gebyar Kemerdekaan, Kamis (22/08/2024). Foto Fey
Medan – Keperkasaan Rahmat memainkan bidak catur di Turnamen Catur Gebyar Kemerdekaan, berakhir saat melawan Syarifuddin Siregar, Kamis (22/08/2024) petang. Di babak final, pria yang bermukim di kawasan Jalan Meteorologi Kecamatan Medan Johor itu sukses menaklukkan lawannya dengan skor 2-1.

Berdasarkan pengamatan, Rahmat yang berdomisili di Komplek Johor Indah Permai ini sempat menang mudah di set pertama. Begitu juga di awal set kedua, bidak hitamnya sempat memporak-porandakan pertahanan lawan.

Namun, dengan penuh kehati-hatian, Syarifuddin mencoba melepaskan tekanan tersebut dan memperbaiki pertahanannya. Usaha tersebut tidak sia-sia. Bahkan satu serangan balik justru mampu melumpuhkan Raja lawannya. Alhasil, kedudukan menjadi 1-1. 

Di set penentuan, permainan Syarifuddin kian agresif. Saat bidaknya unggul, pria yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubbag Umum Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut itu tidak ragu untuk melangkahkan empat pionnya menembus pertahanan musuh. 

Padahal, Rahmat menjadi pecatur satu-satunya yang meraih poin sempurna di babak penyisihan Grup A. Berbeda dengan Syarifuddin, sempat mengalami satu kali kekalahan, meski akhirnya tetap menjadi juara Grup B karena unggul dari Amran di Statistik Pertandingan.

Di babak semifinal sebelumnya, keduanya juga menang mudah dari lawan-lawannya. Syarifuddin menaklukkan runner up Grup A, Edi Sinulingga dengan skor 2-0. Begitu juga Rahmat yang mengandaskan harapan runner up Grup B, Amran, untuk melaju ke final dengan skor 2-0.

“Meski sempat kalah di set pertama, namun mental Syarifuddin tidak jatuh. Semangat juangnya tetap tinggi sehingga mampu membalikkan keadaan dan menjadi juara,” ungkap panitia pertandingan, Elpi Syahrin usai menyaksikan partai final tersebut. 

Saat ini, lanjutnya, pihak panitia masih  mempersiapkan pelaksanaan turnamen tenis meja yang akan digelar Jumat (23/08/2024) pagi. Dari hasil pengundian, para peserta akan dibagi dalam dua grup. Di Grup A,  terdiri atas  Iman Catur/Endang Tirtana, Syarifuddin Siregar/Toni, Darman/Ian, dan Sa'adi/Ridho. Sementara di Grup B, terdapat pasangan Riki/Hanif, Jontar/Amran, Ferry/Jaka, dan Agus/Naamuddin.

“Kita gunakan sistem setengah kompetisi, melalui rally point game 11 dengan bermain tiga set saja,” papar Elpi.

Lebih lanjut dikemukakannya, setiap juara dan runner up grup akan melaju ke semifinal untuk bertemu lawan selanjutnya dalam merebut tiket ke final. 

“Pastinya besok Jumat sebagai hari olahraga, pertandingan tenis meja akan berlangsung sejak pagi,” tandasnya. Fey


Komentar

Berita Terkini