|

Pengurus KTNA Sumut Periode 2023-2028 Dikukuhkan

Kadis Ketapang TPH Sumut, H Rajali, mengukuhkan kepengurusan KTNA Sumut periode 2023-2028 di Ruang Cendana Hotel Grand Kanaya, Jalan Darussalam Medan, Selasa (09/07/2024) siang. Foto Fey 

Medan – Pengukuhan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumatera Utara periode 2023-2028 mewarnai kegiatan Rembug Madya KTNA Sumut di Ruang Cendana Hotel Grand Kanaya, kawasan Jalan Darussalam Medan, Selasa (09/07/2024) siang.

“KTNA merupakan mitra strategis pemerintah dalam mendorong sekaligus mengembangkan profesionalisme petani dan nelayan serta membangun watak yang beretos kerja tinggi, disiplin, produktif, berkualitas dan mandiri,” papar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, H Rajali, usai mengukuhkan sekaligus membuka kegiatan Rembug Madya KTNA Sumut yang berlangsung Selasa-Rabu (09-10) Juli 2024.

Rajali mengklaim, sebanyak tiga komoditas mengalami peningkatan produksi dan produktivitas hingga mencapai 100%, masing-masing padi, jagung dan cabai merah. Kendati demikian, pihaknya bersama instansi terkait, organisasi profesi dan masyarakat yang bergerak dalam pembangunan pertanian berupaya terus menjaga sekaligus mendorong peningkatan produksi ketiga komoditas tersebut agar tetap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut secara berkesinambungan.

“Kita juga terus memacu produksi dan produktivitas komoditas utama pangan dan hortikultura lainnya, seperti kedelai dan bawang merah agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumatera Utara,” ujarnya dihadapan 50 pengurus KTNA dari 33 kabupaten/kota di Sumut.

Sementara, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, H Sutarman, berharap kepengurusan baru ini segera menyusun program kerja yang produktif, berkualitas dan inovatif untuk pembangunan pertanian agar lebih baik lagi di masa mendatang.

“Anggota KTNA menjadi bagian tidak terpisahkan dari upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam mempertahankan predikat lumbung pangan nasional,” tuturnya.

Ketua KTNA Sumut periode 2023-2028, Purnama Dewi Daulay, menandatangani berkas acara pengukuhan, disaksikan Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, di Ruang Cendana Hotel Grand Kanaya Medan, Selasa (09/07/2024). Foto Fey
Menanggapi hal itu, Ketua KTNA Sumut, Purnama Dewi Daulay berterimakasih atas kepedulian pihak Dinas Ketapang TPH Sumut yang telah memfasilitasi kegiatan Rembug Madya. Ia menilai, kegiatan ini sangat strategis bagi kepengurusan KTNA yang baru karena merupakan titik awal untuk menetapkan program kerja KTNA selama lima tahun ke depan. Apalagi, pada akhir Juli 2024, KTNA Sumut berpartisipasi dalam kegiatan Rembug Utama dan Expo di Provinsi Bali. Kemudian, lanjutnya, pelaksanaan Pekan Daerah (PeDa) petani dan nelayan pada tahun 2025 sebagai ajang persiapan Sumut untuk mengikuti Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XVII tahun 2026 di Provinsi Gorontalo. 

“Kita berharap, KTNA Sumatera Utara dapat berkontribusi bagi peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pangan strategis nasional,” sebutnya.

Di sela kegiatan, Sub-Koordinator Kelembagaan Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, M Syafnurdin Asroi, menjelaskan, pelantikan kepengurusan KTNA Sumut periode 2023-2028 yang dipimpin Purnama Dewi Daulay, telah dilakukan Ketua KTNA Pusat, HM Yadi Sofyan, dalam Rembug Utama KTNA Sumut pada 14 Desember 2023 di Raz Hotel & Convention, kawasan Jalan dr Mansyur Medan.

“Kita manfaatkan momen kegiatan Rembug Madya KTNA Sumatera Utara ini sekaligus untuk acara pengukuhan kepengurusan KTNA Sumut periode 2023-2028,” ungkapnya.

Tampak hadir sejumlah pejabat eselon III lingkup Dinas Ketapang TPH Sumut dan undangan lainnya. Fey


Komentar

Berita Terkini